Rss Feed

Si Usil di KKN


Rintik hujan yang tidak ujung reda....  Waktu terasa begitu lama.....
Ngug ngug ngug ... getaran HP pun terasa begitu keras tanpa banyak kata langsung dibuka... “jam setengah 7 diharapkan merapat ke Posko tanpa terkecuali” ... Huft... menyebalkan sekali... tanpa banyak kata setelah anak les selesai mengerjakan tugas akupun langsung cap cus menuju keposko dan menerobos hujan. Mampir bentar dijalan beli gorengan.... sesampainya di posko teman-teman sudah stand by di depan televisi. Akupun hanya meletakkan gorengan yang tak beli dan langsung masuk ke kamar untuk bersih-bersih karena pakaian basah dan sekalian isya.
Ayo nop kesini sambut Jhon, akupun masih dikamar dan melanjutkan bersih-bersihku. Setelah selesai akupun menghampiri teman-teman yang sudah siap untuk rapat. Semua teman sudah kumpul, Jhon meminta pak korkel untuk memulai rapat malam ini.
Asslamu’alaikum wr. Wb.... terimakasih atas kedatangan teman-teman semua. Langsung saja kenapa saya minta kalian kumpul mendadak karena kita tadi sore mendapatkan masalah. Ketika sidak DPL tadi sore saya mendapatkan laporan kalau kita mendapatkan nilai negatif. Silahkan yang tadi disini bisa diceritakan kronologinya...  Deg... hati ini kaget dan penasaran dengan maksud kata-kata korkel..
Ayo silahkan diceritakan pak Jhon atau pak ulil...kata pak korkel.
Pak Jhon, pak Ulil, dan pak tinton pun saling melempar untuk bercerita. Dan akhirnya pak Ulilpun bercerita.... Begini teman-teman... tadi DPL kesini sekitar jam 5an beliau ditemani mas shodiq Korcam. Jujur aku sama pak Ade ge ngrokok didepan trus ketahuan pak Tris beliau marah karena kebetulan didalam masih ada beberapa anak yang sedang rumah pintar. Tadi Ade sempat membuang rokoknya tapi karena aku nggak tau yah tetep aja ngrokok. Sayang juga kalau dibuang enak kok.
Pak tinton pun menyeletuk wah pak Ulil emang kok syapa bilang ngrokok itu nggak enak... semua teman-teman tertawa dan hati ini masih bertanya-tanya...
Yang lebih parahnya ketika pak tris keruang tengah beliau melihat si Jhon sama Salis tidur bareng didepan TV.
Deg.... hatikupun tambah campur aduk antara percaya dan tidak percaya dengan semua yang terjadi, kok kebetulan sekali padahal baru tadi malam aku bilang sama teman-teman untuk berhati-hati dan lebih menjaga diri. Dan aku nggak begitu percaya kalau Jhon yang seperti itu....Astagfirulloh.... rasanya malu sekali.....
Pak korkel pun langsung bilang silahkan Jhon di jelaskan saja kronologinya biar jelas pak tris bagaimana.
Suasana menjadi hening, semua diam dan Jhon pun mulai bercerita. . . .
Maaf teman-teman aku malu banget dengan ini semua, maaf.... tadi aku nggak tau apa yang aku lakukan ketika tidur sama salis. Yang namanya tidur kan nggak sadar mungkin tanganku ke badannya salis ataupun meluk salis. Yang aku tau tiba-tiba pak tris udah didepanku dan beliau yang membangunkan kita. Aku malu beliau marah banget sama kita. KKN bukannya melaksanakan program-program malah seperti ini. Trus yang lebih parahnya lagi pak tris minta no HP orang tua kita untuk memberitahukan kelakuan kita dan aku sama salis mau dinikahkan... Jhon nangis sambil menutup muka kelantai dan teman-teman tertawa seketika itu juga Bu Dyah memotong tawa teman-teman dengan kata “kalian itu bagaimana sich masalah besar seperti ini malah buat bahan tertawaan”. Dan semua teman-teman berhenti tertawa. Hatiku semakin menjadi pengen ketawa, nangis, marah semuanya campur jadi satu.
Pak Nasrul pun melontarkan kata, kok bisa sampai seperti itu. padahal kalian tau sendiri pak tris orangnya bagaimana? Masalah baik ataupun buruk pasti diceritakan. Apalagi ini masalah seperti ini takutnya diceritakan kemana-mana. Yang malu bukan kita saja tapi kelurahan juga pasti dibawa-bawa. Aku nggak mau ikut-ikutan untuk masalah ini.
Pak korkel juga berkata yang sudah yah sudahlah, semua buat pelajaran kita aja. Bener apa yang dikatakan mbak Noph2 tadi malam kita harus lebih hati-hati dan jaga diri. Semuanya saling introspeksi diri saja jangan saling menyalahkan. Ini adalah pelajaran yang berharga untuk kita semua.
Pak tinton pun menambahi, mungkin karena kita tahu pak tris orangnya seperti itu sebaknya kita minta maaf dan klarifikasi terkait masalah ini, aku mau nemenin Jhon kalo kamu nggak berani. Semua masalah harus kita selesaikan sebelum semuanya tersebar luaskan.
Maaf aku nggak bisa ikut untuk masalah ini sahut pak nasrul.
Akupun menguatkan kata-kata pak tinton untuk menemani pak Jhon meminta maaf kepada pak Tris sebelum semuanya tersebar luaskan karena dalam pikiranku ketika semua sudah diklarifikasi semuanya bisa baik-baik saja. Dan disini kita tidak hanya membawa nama baik kita tapi kelurahan juga. Banyak yang sanksi terkait niat baikku dan pak tinton untuk minta maaf kepada pak tris karena menurut teman-teman semuanya percuma dengan kondisi aku dan pak tinton tidak tau karakter pak tris yang seperti itu. tapi aku optimis pasti bisa meluluhkan hati pak tris dan meyakinkan teman-teman kalau tidak salahnya mencoba daripada tidak sama sekali. Suasananya pun semakin menegangkan semua merasa kecewa, bingung, pusing, malu. Semua terlihat galau segalau-galaunya apalagi Jhon yang nggak ujung menampakkan mukannya karena masih menutup mukanya.
Ketika semuanya hening Jhon pun bangun dengan berkata kalian masuk di “Supertrap KKN Sambiroto” ..... Jhon dan teman-teman yang merancang ini semuapun tertawa puas sekali dan teman-teman yang memang tidak tau dari awal ikut gregetan atas polah si Jhon. Sambil memperlihatkan kamera digital jhon berkata ini lho hasil dari pak tris kesini tadi beliau senang dengan team kita, kita itu kreatif dan tadi aku sama salis nggak lagi tidur bareng yang bener itu buang sampah bareng. Temen-temen nggak pada pengertian sampah sudah banyak nggak dibuang-buang..... tapi kita ya tetep ada koreksinya untuk administrasi segera dirapikan.... Huft baru pernah aku merasakan dikerjain seperti ini. Niat hati si Jhon dan teman-teman hanya untuk pak korkel tapi aku dan pak nasrul yang sering ngomongpun nggak dikasih tau biar tambah sukses katanya. Tanpa banyak kata botolpun melayang ke Jhon.
Jhonpun berkata, sebenarnya aku kurang puas tapi dari pada semua tersebarluaskan beneran malah parah. Karena masalah becandaan ini sudah nyebar dikelurahan X. Ada yang curhat dan BBM-an. Dari pada dikira benaran malah bahaya kalau ketahuan pak tris. Tapi aku puas sudah bisa buat Korkel mikir, nasrul, dan Noph2 juga kena.... ini pelajaran buat pak korkel biar tidak meninggalkan kita semua dan buat kita juga untuk lebih berhati-hati lagi.
Keusilan ini nggak berhenti disini saja, namun keesokan harinya bu dwi pun yang nggak datang waktu malempun dikerjain. Padahal dia baru datang keposko dan dikerjain yang katanya dia kemarin dicari pak tris karena hanya dia yang nggak ada ketika pak tris datang. So dia harus menemui dan minta maaf kepada pak tris secara langsung. Dan ketika bu dwi sudah siap-siap dan sudah tanjap gas Jhon pun baru bilang kalau dia dibohongin... dalam hati hanya tertawa geli kok bisa semuanya bisa dikerjain Jhon...

0 comments: